Palembang Yang Mempesona ,Tempat Yang Tepat Untuk Berwisata


Kota Palembang adalah ibukota propinsi Sumatera Selatan. Tempat wisata di Palembang tumbuh dengan pesat berkat keunikan kondisi alam Palembang yang dialiri sungai Musi. Sungai Musi adalah salah satu sungai terpanjang dan terlebar di Indonesia. Daya tarik sungai Musi diikuti dengan pertumbuhan sektor wisata lain seperti wisata kuliner, wisata budaya dan wisata bahari.
Kota Palembang pada masa lalu adalah pusat kerajaan Sriwijaya yang menguasai hampir seluruh wilayah Nusantara. Sampai saat ini masih bisa kita jumpai sisa-sisa peninggalan budaya Kerajaan Sriwijaya di kota Palembang dan sekitarnya. Situs peninggalan Kerajaan Sriwijaya menjadi salah satu daya tarik tempat wisata di Palembang dan sekitarnya.
Perjalanan wisata menuju tempat wisata di Palembang diawali dengan menggunakan transportasi udara menuju bandara Sultan Badaruddin di kota Palembang. Setelah itu, jalan-jalan ke tempat wisata di Palembang dilanjutkan dengan kendaraan darat menuju sejumlah lokasi wisata menarik. Khusus untuk jalan-jalan wisata di Sungai Musi, Anda harus mencoba jelajahi dengan perahu getek yang bisa di sewa dari masyarakat sekitar sungai.
Beberapa tempat wisata di Palembang yang indah dan menarik untuk dikunjungi antara lain:
1. Sungai Musi: Tempat Wisata Apung di Palembang
Aliran Sungai Musi berasal dari sejumlah anak sungai yang tersebar di propinsi Sumatera Selatan seperti Sungai Air Rawas dan Sungai Batanghari Leko. Sungai Musi membelah kota Palembang menjadi dua bagian. Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi menjelajahi Kota Palembang dengan perahu, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Palembang yang satu ini.
Di atas Sungai Musi ini terdapat beragam kegiatan ekonomi warga. Mulai dari restoran terapung, pasar terapung, tempat pengisian bahan bakar minyak terapung dan tentu saja kegiatan menangkap ikan. Karena keindahan Sungai Musi inilah maka kota Palembang disebut juga sebagai Kota Venezia dari Timur. Tempat wisata di Palembang yang satu ini bisa Anda jelajahi menggunakan perahu tradisional.
2. Jembatan Ampera: Ikon Tempat Wisata di Palembang
Jika kita bicara tempat wisata di Palembang dan Sungai Musi, maka ingatan kita tidak akan lupa kepada Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat). Jembatan legendaris yang menjadi simbol kota Palembang ini dibangun pada masa Pemerintahan Presiden Soekarno dengan bantuan negara Jepang. Sungai Musi membelah kota Palembang menjadi dua bagian, yaitu Palembang Hulu dan Palembang Hilir. Dan Jembatan Ampera menghubungan dua bagian kota ini menjadi satu.
Pemandangan terbaik Jembatan Ampera bisa kita dapatkan pada waktu malam hari. Tempat wisata di Palembang ini terdapat barisan lampu yang bercahaya terang di malam hari membentuk keindahan malam. Lokasi Jembatan Ampera merupakan obyek wisata favorit di Palembang tempat berkumpulnya anak muda disana. Saat liburan ke tempat wisata di Palembang, pastikan Anda tidak akan melewatkan berkunjung ke Jembatan Ampera.
3. Pulau Kemaro: Tempat Wisata di Palembang Yang Legendaris
Tempat wisata di Palembang berikutnya adalah Pulau Kemaro yang legendaris. Pulau Kemaro terletak di tengah-tengah sungai Musi. Asal usul Pulau Kemaro menurut cerita rakyat adalah berasal dari sepasang kekasih keturunan China yang tidak direstui oleh orang tuanya. Konon suatu saat kota Palembang pernah mengalami musim kemarau panjang namun hanya tanaman pulau tersebut yang tetap subur dan tidak mengalami kemarau.
Di Pulau Kemaro terdapat sebuah klenteng yang diyakini sebagai tempat pemakaman sepasang kekasih tersebut. Klenteng tersebut menjadi tujuan utama tempat wisata di Palembang ini. Banyak warga keturunan China maupun wisatawan dalam dan luar negeri yang berziarah ke klenteng maupun sekedar melihat dan mengabadikan gambar keindahan Pulau Kemaro.
Empek-empek Daya Tarik Tempat Wisata di Palembang
Setelah puas jalan-jalan ke tempat wisata di Palembang, jangan lupa untuk mencicipi wisata kuliner khas Palembang yang bernama empek-empek. Empek-empek, ada juga yang menyebut pempek, adalah makanan tradisional khas Palembang yang terbuat dari campuran ikan tengiri, tepung dan bumbu-bumbu tertentu. Nikmat ikan tengiri bercampur dengan saus cuka menjadikan wisatawan selalu merindukan keunikan tempat wisata di Palembang.
Selain tiga obyek wisata di atas, tempat wisata di Palembang lain yang mempesona adalah Kampung Kapitan. Kampung Kapitan adalah kampung adat yang mempertunjukkan tradisi masyarakat Melayu Palembang yang unik dan berbaur dengan suku lain di Sumatera Selatan. Sementara itu, bagi Anda yang menyukai berwisata melihat pemandangan alam terdapat taman hutan wisata Punti Kayu di Palembang. Tempat wisata di Palembang tersebut menjadi tempat pelestarian tumbuhan dan hewan langka yang dilindungi negara.
Tertarik menjelajahi obyek wisata di Palembang? Ayo rencanakan jadwal liburan Anda tahun ini ke Palembang. Selalu ada kesan indah pada tempat wisata di Palembang. Setelah lelah jalan-jalan wisata, mungkin Anda akan tertarik menonton pertandingan sepakbola di stadion Jaka Baring yang fenomenal.




Previous
Next Post »