Malaysia Klaim Bunga Raflesia Arnoldi dan Dijadikan Ikon Pariwisata

Klaim Malaysia terhadap bunga Raflesia arnoldi membangkitkan semangat Kelompok Peduli Puspa Langka Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang untuk melestarikan habitat flora langka itu. 

"Terus terang kami sakit hati mengetahui dari media bahwa Malaysia juga mengklaim bunga Raflesia," kata Ketua Kelompok Peduli Puspa Langka Holidin.

Memang, semangat masyarakat sudah berkurang untuk menjaga setiap bunga yang mekar di kawasan Hutan Lindung dan Cagar Alam Taba Penanjung. 

Dengan adanya klaim tersebut, anggota kelompok kembali bersemangat membersihkan kawasan dua bunga Raflesia yang mekar di perbatasan Kota Bengkulu-Kepahiang sejak dua hari terakhir. 

"Ada dua yang mekar, posisinya 200 meter dari jalan raya. Sebenarnya kami tidak semangat membuka jalan karena medannya curam, tetapi mengingat klaim Malaysia atas Raflesia, semangat anggota kelompok jadi tinggi," katanya. 

Holidin mengatakan satu bunga sedang mekar sempurna dan diperkirakan masih mekar hingga empat hari ke depan. 
Provinsi Bengkulu memiliki empat jenis bunga Rafflesia sejak beberapa tahun terakhir, yaitu Rafflesia Arnoldi, Gadutensis, Haseltii, dan Bengkuluensis.

Peneliti Rafflesia dari Universitas Bengkulu, Agus Susetya, Minggu, mengatakan untuk menemukan satu jenis bunga tersebut memakan waktu hingga bertahun-tahun.

"Peneliti harus menjelajah hutan hingga ke pedalaman dan membutuhkan kesabaran, sebab keberadaannya sulit diketahui," ujarnya.

Ia menjelaskan jenis Rafflesia Bengkuluensis baru ditemukan dalam waktu sekitar 20 tahun.

Rafflesia merupakan sejenis bunga bangkai tanpa batang dan daun serta memiliki ukuran terbesar di dunia.

Keempat jenis tersebut dibedakan berdasarkan corak dan ukuran bunga.

"Dari keempat jenis tersebut Rafflesia Arnoldi merupakan jenis yang terbesar di dunia dengan diameter 70-110 sentimeter," katanya.

Rafflesia Haseltii memiliki ukuran 30-60 sentimeter, Gadutensis sekitar 50 sentimeter, Bengkuluensis merupakan jenis yang paling kecil sekitar 30 sentimeter.

Sementara Rafflesia Haseltii merupakan jenis dengan corak terindah dibandingkan dengan ketiga jenis lainnya.

Ia mengatakan jenis Rafflesia di seluruh dunia mencapai 25 jenis, di antaranya di Sumatra 11 jenis dan di Bengkulu empat jenis.

Bunga itu ditemukan di beberapa tempat di Bengkulu, antara lain di di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), pusat pelatihan gajah (PLG), dan Padang Guci Kabupaten Kaur.

Bukti dari Malaysia yang mengklaim Bunga Raflesia terdapat pada video pariwisata Malaysia. Di situ terlihat jelas ada Bunga Raflesia sebagai bunga terbesar di Dunia berada di sana.

berikut videonya : 


sumber : kompas.com, youtube.com
Previous
Next Post »