Wisata Sumber Air Suci di Pura Tanah Lot Pulau Bali

Bali adalah surga tempat wisata di Indonesia. Setiap jengkal Pulau Dewata menyimpan pesona budaya Timur yang agung. Begitu juga dengan acara liburan saya ke Pulau Bali yang satu ini, Tanah Lot. Tanah Lot termasuk dalam wilayah kota Tababan. Meski demikian, salah satu tempat wisata di Indonesia Timur ini lebih dekat menuju kota Denpasar. Lokasi penting lain yang jaraknya relatif dekat dengan Tanah Lot adalah Pantai Kuta, Bandara Internasional Ngurah Rai, Lapas Krobokan, dan Pantai Jimbaran.

Tanah Lot merupakan tempat wisata di Pulau Bali yang berupa sebuah pantai dengan pulau kecil yang di atasnya berdiri dua buah pura, yang satu besar satunya lagi kecil. Cukup aneh untuk kita dapati sebuah pura yang dibangun di atas pulau karang di tepi pantai. Hal ini mengingatkan saya pada salah satu kisah film bajak laut di Laut Karibia. Mereka membangun sebuah kuil untuk menghormati dan meminta perlindungan kepada Dewa Laut, Poseidon. Kepercayaan yang mendalam akan terwujud dalam bentuk tindakan pemujaan yang demikian.




tempat wisata di bali - puri di tengah lautan
Pura di Atas Pulau Kecil Pantai Bali
Pantai Tanah Lot cukup bersih. Pemerintah setempat sangat paham bahwa iklim wisata yang maju selalu didukung upaya menjaga kelestarian alam. Air laut tampak biru dengan ombak yang tidak begitu besar. Kali ini saya mencoba turun ke air dan berjalan di tengah sapuan ombak pantai. Lumayan bisa mengurangi kepenatan dan stress dalam bekerja di internet. Capek juga kan kalau tiap hari pantengin monitor laptop. Sesekali kita perlu liburan menjelajahi alam dan melihat hal-hal yang sifatnya natural.

Waktu lagi berada di tengah-tengah laut menuju pulau kecil tempat pura Tanah Lot, saya teringat salah satu ucapan pemandu wisata (tour guide) saat di dalam bus. Tour guide tersebut menceritakan bahwa di Pura Tanah Lot terdapat sebuah sumber air tawar alami. Air tawar di tengah lautan? Mungkin awalnya terdengar aneh. Tapi itulah kenyataannya. Kita juga sering membaca berita penemuan aliran air sungai tawar di bawah laut, bukan? Nah, mungkin penjelasannya kurang lebih sama dengan fenomena yang satu ini.

Masih menurut tour guide tadi, air tawar yang ada di pura di pantai Tanah Lot ini dipercaya oleh masyarakat setempat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Lebih dari itu, bisa seseorang berdoa di pura Tanah Lot dan minum air tawar tersebut maka doanya bisa terkabulkan. Konsep the law of attraction sepertinya sudah mengakar kuat dalam pola hidup masyarakat adat Indonesia.


Wisata Sumber Air Suci di Pura Tanah Lot Pulau Bali

Air Suci Untuk Kesehatan Dan Pengabulan Doa
Terdengar agak konyol untuk percaya kepada mitos seperti itu. Takdir manusia kan nggak ditentukan oleh mitos. Tapi tak ada salahnya kan kalau menghibur diri dengan mencoba hal tersebut. Lagi pula kegiatan ini dalam rangka lliburan, nggak perlu serius-serius amat dalam menyikapinya. Sudah bayar mahal buat sampai di Bali lebih baik have fun saja. Saya lihat banyak wisatawan lainnya yang bergerombol mencoba peruntungan dengan berdoa dan minum sumber air suci Pura Tanah Lot.

Sumber air tawar di Tanah Lot berada pada bagian bawah pulau mungil itu. Sumber air suci itu dijaga oleh seorang lelaki yang berperan seperti juru kunci kalau di pemakaman Jawa. Pakaian lelaki itu berwarna putih dan mengenakan ikat kepala khas Bali. Sebelum wisatawan mencapai lokasi air suci, pria penjaga tersebut menempelkan sesuatu di pelipis kening wisatawan tersebut. Benda itu sejenis butiran beras. Saya kurang tahu pasti maksud ritual ini. Boleh jadi itu bagian dari acara bersih diri sebelum berdoa, semacam berwudhu bagi umat Muslim.

Air tawar itu memang terasa tawar dan menyegarkan saat diminum. Ada wisatawan yang meminumnya dengan cara mengumpulkan di tangan. Ada pula turis yang menggunakan untuk membasuh muka. Bahkan ada juga wisatawan yang memasukkan air tawar tersebut ke dalam botol. Mungkin buat oleh-oleh untuk yang di rumah. Biasa nih orang Indonesia, nggak di masjid nggak di pura kalau ketemu air suci bawaannya pengen dibawa pulang saja.

Karena kondisi pulau Tanah Lot ini kecil, acara menjelajahi pura pun nggak butuh waktu lama. Isinya tidak jauh berbeda dengan pura-pura pemujaan lain. Ada altar pemujaan dan beberapa benda yang digunakan dalam ritual umat Hindu.

Pengalaman liburan yang menarik di Bali. Tanah Lot adalah bagian dari daya tarik tempat wisata di Denpasar dan sekitarnya. Pulau Bali memang tidak seluas Pulau Jawa. Meski Bali nggak luas, ada banyak obyek wisata di Bali yang patut wisatawan kunjungi.
Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
Wednesday, September 10, 2014 at 11:34:00 PM GMT+7 ×

bali memiliki objek wisata yang sangat indah dan menyenangkan buat liburan.

Reply
avatar
Thursday, February 19, 2015 at 11:07:00 AM GMT+7 ×

wah pemandangannya bagus gan. Jadi ingin berwisata ke sana sambil menikmati bule jalan-jalan di pantai

Reply
avatar
Purnama wati
admin
Thursday, April 7, 2016 at 7:27:00 AM GMT+7 ×

trimakasi informasinya... bali memang mempunyai banyak tempat wisata yang menakjubkan.

Reply
avatar
Wednesday, June 15, 2016 at 10:33:00 AM GMT+7 × This comment has been removed by the author.
avatar
Monday, August 15, 2016 at 2:49:00 PM GMT+7 ×

artikel yang sangat menarik, Bali emang kerenn banget,
terimakasih untuk artikel menariknya, dan salam kenal wisata outbound Malang

Reply
avatar