Sukabumi yang Indah, Mempesona, dan Angker

Kota Sukabumi terletak di barat daya propinsi Jawa Barat. Sukabumi adalah kota yang luas dengan keragaman kondisi alam mulai dari pantai, dataran rendah, dataran tinggi, hingga pegunungan. Tempat wisata di Sukabumi yang indah terhampar mulai dari Pantai Pelabuhan Ratu di selatan hingga Gunung Gede di utara. Ada banyak cara untuk menjelajahi keindahan tempat wisata di Sukabumi. Wisatawan bisa memancing, berendam air panas, berenang, berkemah maupun sekedar jalan kaki pada obyek wisata di Sukabumi.

Sukabumi merupakan salah satu kota madya di Jawa Barat yang mengandalkan pendapatan daerah dari sektor wisata. Oleh karena itu, tempat wisata di Sukabumi mendapat perhatian serius dari Pemerintah setempat. Berbagai sarana dan prasarana penunjang acara liburan keluarga telah dibangun pada tempat wisata di Sukabumi. Oleh karena itu, berlibur ke tempat wisata di Sukabumi adalah kegiatan yang menyenangkan untuk Anda sekeluarga.

Untuk mencapai Kota Sukabumi, wisatawan bisa memilih jalur transportasi udara dengan tujuan bandara Husein Sastranegara di Bandung maupun Bandara Atang Sanjaya di Bogor. Pilihan lain untuk menikmati perjalanan wisata ke tempat wisata di Sukabumi adalah dengan kendaraan darat. Sepanjang jalan darat menuju tempat wisata di Sukabumi, wisatawan akan disajikan panorama alam hutan pinus yang indah. Beberapa lokasi tempat wisata di Sukabumi yang menarik untuk Anda kunjungi adalah:
1. Pantai Pelabuhan Ratu: Tempat Wisata di Sukabumi Yang Indah Sekaligus Angker.

Sejak dulu, Pantai Pelabuhanratu menjadi tempat wisata di Sukabumi yang paling populer diantara pantai lainnya di Jawa Barat. Teluk Palabuhanratu merupakan tempat bermuaranya sungai Cimandiri dan Citarik. Tempat wisata di Sukabumi ini menyajikan keindahan alam pantai yang menarik. Terdapat sejumlah titik pemandangan alam pantai yang menarik untuk diabadikan dalam gambar tempat wisatapantai.Selain itu, Pantai Pelabuhanratu merupakan tempat wisata di Sukabumi yang memiliki keangkeran tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi.Hal ini disebabkan oleh kepercayaan masyarakat setempat bahwa Teluk Palabuhanratu merupakan kawasan kekuasaan Penguasa Pantai Selatan yang bernama Nyi Roro Kidul. 

Terdapat salah satu kamar hotel di Pantai Pelabuhan Ratu yang sengaja ditata untuk menyambut kedatangan Nyi Roro Kidul.


2. Curug Cicurug: Air Terjun 3 Lintasan Pada Tempat Wisata di Sukabumi.

Tempat wisata di Sukabumi memiliki sejumlah curug atau air terjun yang indah. Salah satu curug yang terkenal di Sukabumi adalah Curug Cicurug yang terletak di kecamatan Cibitung. Daya tarik tempat wisata di Sukabumi ini adalah air terjun yang memiliki lintasan berjumlah 3. Pemandangan indah ini sangat sayang untuk dilewatkan menjadi gambar tempat wisata.
Jalan-jalan ke tempat wisata di Sukabumi Curug Cicurug bukan hanya melihat panorama indah air terjun. Anda juga bisa membuat acara perkemahan, mendayung perahu, maupun melakukan penjelajahan alam di sungai jernih yang berbatu. Selama liburan ke tempat wisata di Sukabumi ini Anda jangan khawatir tidak bisa terhubung dengan dunia luar. Sambil rekreasi di Curug Cicurug Anda tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga di rumah karena telah tersedia telepon umum, transportasi dan penginapan yang bagus.

Selain Curug Cicurug, tempat wisata di Sukabumi yang berupa air terjun adalah Curug Sawer. Curug Sawer terletak di Kawasan Gunung Gede Pangrango, kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Tak jauh dari Curug Sawer, terdapat tempat wisata di Sukabumi bernama Curug Cibeureum. Curug Cibeureum merupakan tempat wisata di Sukabumi yang berada di wilayah Sundajaya Girang.

3. Situ Gunung: Danau Indah Pada Tempat wisata di Sukabumi.

Tempat wisata di Sukabumi bukan hanya pantai dan air terjun yang indah. Wisatawan dari dalam dan luar negeri juga bisa menemukan danau indah pada tempat wisata di Sukabumi. Terdapat danau Situ Gunung di kecamatan Kadudampit, kabupaten Sukabumi. Situ Gunung merupakan danau alam yang berada di daerah kaki Gunung Pangrango. Anda bisa memancing, berkemah, maupun menghabiskan waktu hanya dengan berjalan-jalan santai mengelilingi danau indah ini.

Secara geografis, tempat wisata di Sukabumi ini berdekatan dengan kawasan tempat wisata di PuncakBogor. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang mengunjungi Situ Gunung karena mereka liburan ke Puncak. Selain Situ Gunung, tempat wisata di Sukabumi lain yang berupa danau adalah Situ Sukarame yang terletak di kecamatan Parakan Salak, kabupaten Sukabumi.

Bagi Anda yang ingin mengisi liburan dengan berendam dan mandi air panas, tempat wisata di Sukabumi memiliki daya tarik pada obyek wisata Cipanas. Cipanas merupakan obyek wisata di Sukabumi yang bisa dijadikan tempat berendam air panas alami. Air panas Cipanas dihasilkan oleh aktfitas post-vulkanik dari Gunung Halimun yang berada di kecamatan Cisolok.

4. Masyarakat Adat Ciptarasa Ciptagelar di Gunung Haliman-Salak Sukabumi.

Tempat wisata di Sukabumi lain yang indah dan berupa pegunungan adalah Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Wilayah pelestarian alam ini meliputi kawasan Gunung Halimun dan Gunung Salak yang luas. Taman Nasional Halimun Salak mempunyai keragaman ekosistem yang luas. Hutan lindung yang tumbuh lebat mampu menyokong kesuburan tanah sekaligus tempat tinggal bermacam-macam hewan langka yang dilindungi oleh negara.

Sambil jalan-jalan santai ke tempat wisata di Sukabumi Gunung Halimun-Salak, Anda bisa menikmati suasana khas budaya Sunda pada masyarakat adat Kasepuhan Ciptarasa Ciptagelar. Masyarakat Sunda yang tinggal di kawasan pelestarian alam Taman Nasional Gunung Halimun-Salak ini menjalankan tradisi budaya dan kesenian Sunda. Mereka menjaga lingkungan alam Gunung Halimun-Salak agar tetap alami dan bisa dinikmati oleh anak cucu.

Ragam tempat wisata di Sukabumi sangat banyak. Berlibut ke tempat wisata di Sukabumi akan mengingatkan kita betapa melimpah kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, khususnyatempat wisata di Jawa Barat. Mari berkunjung ke tempat wisata di Sukabumi dan membantu pembanguan perekonomian masyarakat setempat pada sektor wisata!



Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
erik enricke
admin
Monday, August 10, 2015 at 11:01:00 PM GMT+7 ×

Bohong banget sentra pariwisata di sukabumi mendapat perhatian pemerintah daerah jangan ngarang deh inget baca yg baca artikel anda nih.

Reply
avatar
Purnama wati
admin
Friday, April 29, 2016 at 10:02:00 AM GMT+7 ×

benarkah di sana tempatnya angker ?

Reply
avatar