Wisata Bernilai Sejarah di Kota Parahyangan, Bandung


Kota Bandung adalah ibukota propinsi Jawa Barat dan termasuk dalam salah satu kota metropolitan di Indonesia. Tempat wisata di Bandung turut berkembang sebagai salah satutujuan wisata favorit di Indonesia. Untuk mencapai kota Bandung, Anda bisa memakai transportasi darat maupun udara. Jalur kereta api menuju Stasiun Bandung bisa ditempuh dari arahJakarta maupun Surabaya. Bagi Anda yang ingin menghemat waktu perjalanan bisa memilih jalur transportasi udara dengan tujuan Bandara Husein Sastranegara.
Kota Bandung terletak di wilayah dataran tinggi. Hal inilah yang menjadikan kota Bandung berhawa sejuk dan sangat tepat dijadikan tujuan berlibur sekeluarga. Tempat wisata di Bandung yang memiliki pemandangan alam yang indah antara lain Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, dan wilayah sepanjang dataran tinggi Dago. Pada malam hari, daerah sekitar Dago merupakan tempat wisata di Bandung yang romantis. Menghabiskan akhir pekan dengan berlibur ke tempat wisata di Bandung akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi Anda.
Selain panorama pegunungan yang indah, tempat wisata di Bandung juga memiliki nilai sejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia mengisi kemerdekaan. Kota Bandung adalah lokasi terjadinya sejumlah peristiwa penting bagi bangsa kita. Misalnya, Peristiwa Bandung Lautan Api, Konferensi Asia Afrika, Konferensi Mahasiswa Asia Afrika, Konferensi Islam Asia Afrika, dan lain-lain. Beberapa tempat wisata di Bandung yang patut Anda kunjungi antara lain:


1. Tempat Wisata di Bandung, Museum Mandala Wangsit Siliwangi.
Tempat wisata di Bandung yang pertama kita bahas adalah Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Siliwangi adalah nama raja yang memimpin Kerajaan Pajajaran. Kerajaan Pajajaran adalah pemerintahan yang adil dan makmur serta membentuk seni dan budaya masyarakat Sunda. Maksud pendirian museum yang berada di kota Bandung tersebut adalah sebagai pengingat nilai-nilai arif jaman dulu yang harus dilestarikan oleh pemuda jaman sekarang. Di dalam bangunan tempat wisata di Bandung ini kita bisa mengetahui benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan Pajajaran yang bernilai seni tinggi.

2. Museum Pos Indonesia di Kota Bandung.
Kota Bandung merupakan pusat perkembangan bidang pos dan filateli di Indonesia. Maka tak mengherankan bila Museum Pos Indonesia termasuk dalam salah satu tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi oleh para penggemar perangko di Indonesia. Lokasi Museum Pos Indonesia berada di kompleks kantor Gubernur Jawa Barat. Tempat wisata di Bandung ini menyimpan ribuan koleksi perangko yang berasal dari berbagai negara di belahan dunia. Bagi Anda filatelis yang juga punya hobi jalan-jalan, kota Bandung adalah surga perburuan koleksi benda-benda pos terbaik di Indonesia.

3. Monumen Bandung Lautan Api, Tempat Wisata di Bandung.
Monumen Bandung Lautan Api adalah salah satu landmark kota Bandung. Monumen ini didirikan oleh Pemerintah Indonesia untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api yang bersejarah. Para pejuang kemerdekaan jaman dulu tidak rela bila kota Bandung jatuh ke tangan Sekutu, sehingga mereka memilih membakar wilayah Bandung Selatan dengan pimpinan Mohammad Toha. Tempat wisata di Bandung ini memiliki tinggi 45 meter dan sering menjadi tujuan wisata pelajar pada musim libur sekolah.

4. Tempat Wisata di Bandung, Kantor Gubernur Gedung Sate.
Jika membicarakan tempat wisata di Bandung yang memiliki nilai sejarah, maka ingatan kita tidak akan lepas dari Gedung Sate. Bangunan megah ini merupakan kantor Gubernur Jawa Barat dan masih aktif dipakai hingga saat ini. Gedung peninggalan Belanda tersebut dinamakan Gedung Sate karena pada puncak menara Gedung terdapat ornamen dengan hiasan tusuk sate. Gedung Sate adalah tempat wisata di Bandung yang memiliki gaya arsitektur khas Eropa yang megah dan unik. Gedung Sate merupakan salah satu ikon kota Bandung yang menjadi tujuan wisata utama di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

5. Museum Konferensi Asia Afrika Yang Bersejarah.
Indonesia pada masa awal kemerdekaan adalah negara yang disegani di dunia. Hal ini terbukti dengan keterlibatan Indonesia dalam Konferensi Asia Asia (KAA) untuk pertama kalinya, yaitu pada tahun 1955. Kota Bandung terpilih menjadi tuan rumah KAA dan hal ini diabadikan dalam Museum KAA di kota Bandung. Tempat wisata di Bandung ini menyimpan beragam benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan KAA. Selain KAA, salah satu museum tempat wisata di Bandung ini menjadi tempat penyimpanan benda-benda bersejarah terkait pemilihan Bandung sebagai tuan rumah Konferensi Mahasiswa Asia Afrika pada tahun 1956 dan Konferensi Islam Asia Afrika.
Selain obyek wisata sejarah, pesona tempat wisata di Bandung juga berasal dari seni kerajinan rakyat dan kegiatan perdagangan masyarakat sekitar kabupaten Bandung. Sejumlah tempat wisata menarik lainnya di kota dan kabupaten Bandung antara lain: Taman Lansia Bandung, Taman Ganesha Bandung, pusat penjualan factory outlet di Jalan Dago dan Jalan Riau, pusat perbelanjaan celana jins di Jalan Cihampelas, pusat kerajinan sepatu dan tas di Cibaduyut, dan lain-lain. Bagi turis yang memiliki hobi berbelanja, tempat wisata di Bandung adalah surga belanja.
Jalan-jalan santai ke kota Bandung makin lengkap bila telah mencicipi jajanan lezat wisata kuliner di Bandung. Aneka jenis jajanan rakyat dan makanan olahan modern dijual di Bandung. Bahkan wisata kuliner telah menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata di Bandung sehingga mengundang kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri. Makanan yang terkenal di Bandung antara lain batagor, surabi, pisang goreng kipas, colenak, tahu gejrot dan banyak jajanan lain yang memiliki nama unik.
Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah cukup tertarik merencanakan waktu liburan ke kota Bandung? Tempat wisata di Bandung jumlahnya sangat banyak. Masih ada Lapangan Gasebu tempat kegiatan anak muda, menyusuri Bandung Tempoe Doeloe di Jalan Braga, pemandian air panas di Ciwidey, Situ Patenggang di Ciwidey, dan lain-lain. Bandung sebagai kota Paris van Java menyimpan sejuta pesona tempat wisata terbaik di Indonesia. Ayo kita jalan-jalan ke tempat wisata di Bandung!

Previous
Next Post »