5 Danau Terindah dan Tercantik di Indonesia

 
Bagi para traveler, danau merupakan suguhan alam yang seolah oase dalam perjalanan. Kesejukan dan keindahannya menjadi pengalaman tersendiri. Ini dia 5 danau cantik di Indonesia yang wajib Anda datangi.

Berikut 5 danau cantik di Indonesia menurut detikTravel yang di susun Senin (7/5/2012). Keindahannya akan membuat Anda jatuh cinta:



1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau ini menjadi destinasi yang wajib Anda singgahi saat berkunjung ke Sumatera Utara. Danau yang menjadi kebanggaan masyarakat Batak ini, memiliki keindahan alam tiada dua. Luasnya pun mencakup beberapa kabupaten di Sumatera Utara, yaitu Kabupaten Simalungun, Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Karo, dan Dairi.

Danau vulkanik ini memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km. Dari Medan, perjalanan memakan waktu 4 jam untuk tiba di danau ini. Hamparan air biru nan tenang dengan pemandangan hijau di sekelilingnya akan meneduhkan pandangan. Mengarungi Danau Toba dengan perahu pun menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

Uniknya, danau ini juga mempunyai pantai yang menawan, seperti Pantai Lumban Binanga. Pemandangan saat fajar menyingsing juga menjadi cerita seru saat Anda bermalam di sekitar kawasan Danau Toba. Jangan lupa mengunjungi Pulau Samosir, karena banyak kebudayaan dan adat istiadat yang bisa Anda pelajari di sana.

2. Ranu Kumbolo, Jawa Timur




Siapa yang tidak kenal dengan Ranu Kumbolo? Letaknya yang berada di lereng Gunung Semeru ini menjadikannya oase saat Anda menuju puncak tertinggi para dewa. Berada di ketinggian 2.400 mdpl, suasana dingin pun akan Anda rasakan.

Ranu Kumbolo menjadi tempat berkemah favorit di Gunung Semeru. Danau ini seperti lukisan alam, dengan awan-awan yang berbentuk seperti kapas di atasnya dan hamparan pepohonan di sekelilingnya akan melepas segala kepenatan Anda.

Panorama saat matahari terbit di Ranu Kumbolo tidak terbantahkan. Anda dapat melihat warna cahaya mentari yang keemasan terpantul oleh permukaan danau. Sungguh cantik!

3. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Dari namanya, danau ini mendapat julukan sebagai 'cermin raksasa'. Danau Labuan Cermin terletak di Desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Selain itu, Anda akan berjumpa dengan monyet, babi hutan, burung, owa-owa dan beruang madu sepanjang perjalanannya.

Danau Labuan Cermin memiliki hamparan air yang berwarna biru dan jernih. Dari permukaaan danau, terpantul setiap bayangan yang berada di atasnya. Danau yang luas dan sejuk serta pemandangan khas hutan Kalimantan, akan mebuat Anda takjub.

Di danau ini Anda dapat snorkeling dan diving. Ikan-ikan yang cantik, batu-batuan alami dan tumbuhan liar akan Anda jumpai. Anda juga dapat menyaksikan gelembung-gelembung air dan beberapa titik hangat saat menyelam. Itu adalah titik batas antara air laut dan air tawar. Sempurna!

4. Danau Kelimutu, NTT

Danau yang terkenal dengan sebutan danau tiga warna ini akan membuat Anda takjub. Tiga warna yang dimiliki danau tersebut adalah merah, putih dan biru. Danau ini pun bisa berubah warna, karena akibat adanya pembiasan cahaya matahari dan mikro biota laut.


Danau Kelimutu terdiri dari tiga buah danau yang berada di puncak Gunung Kelimutu. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, danau ini adalah tempat bersemayamnya arwah para leluhur. Akan tetapi, keindahan Danau Kelimutu sudah terkenal hingga mancanegara.

Pemandangan sunrise di Danau Kelimutu juga tidak kalah cantik. Cahaya merah dengan pemandangan tiga warna danau yang berbeda, menjadikan objek foto yang sempurna.

5. Danau Bedugul, Bali


Tidak hanya pantainya saja, Bali juga memiliki keindahan danau yang sempurna. Terletak di Kabupaten Tabanan, Bali, Danau Bedugul merupakan sisi ketenangan, kesyahduan dan kesejukan dari Pulau Dewata.

Bedugul memiliki udara khas pegunungan, danau yang luas, dan juga ketenangan yang syahdu. Di salah satu sudutnya, terdapat Pura Ulun Danu. Pura ini adalah tempat beribadah untuk memuji Sang Hyang Dewi Danu, yang memberi kesuburan. Dijamin, Anda akan tergoda untuk mengabadikan gambar dari pura tersebut.

Anda dapat menjelajahi danau ini dengan menyewa perahu. Pemandangan serba hijau dari pegunungan di sekitar Bedugul, menjadi sumber ketenangan tersendiri untuk pikiran Anda.

5 Danau versi detikTravel tersebut dapat Anda jelajahi dan buktikan sendiri keindahannya. Selamat menelusuri 5 danau cantik tersebut dan resapi pesonanya!
Previous
Next Post »