Wisata Di Tengah Modernisasi Jakarta

Jakarta merupakan ibukota negara Republik Indonesia dan menjadi pusat Pemerintahan sekaligus pusat perekonomian nasional. Tempat wisata di Jakarta telah tumbuh dengan pesat sebagai bagian dari perkembangan kota megapolitan. Proses alih teknologi tidak menyurutkan langkah Pemerintah DKI Jakarta untuk membangun tempat wisata di Jakarta dengan beragam fasilitas pendukung. Untuk mencapai kota Jakarta, Anda bisa melalui jalur penerbangan domestik dan internasional dengan tujuan bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng.

Di kota Jakarta telah bertebaran banyak obyek wisata. Mulai dari wisata sejarah nasional, tempat wisata budaya Betawi, hingga obyek wisata modern dengan pemanfaatan kecanggihan teknologi. Keunikan obyek wisata di Jakarta adalah dibentuk dari beragam karakter suku dan bangsa yang ada di Indonesia. Mereka berdatangan menuju ibukota dan membentuk karakter kota Jakarta yang Bhinneka Tunggal Ika. Para investor menyambut iklim wisata Jakarta dengan membangun beragam pusat hiburan rakyat untuk kegiatan rekreasi warga Jakarta setelah bekerja seharian.

Tempat wisata di Jakarta dengan kategori wisata sejarah nasional antara lain Monumen Pancasila Sakti, Museum Nasional, dan Stasiun Pusat TVRI. Sedangkan tempat wisata di Jakarta yang termasuk dalam wisata budaya antara lain Taman Ismail Marzuki, Masjid Istiqlal, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Untuk wisatawan yang mencari tempat wisata di Jakarta dengan kondisi alam yang asri, obyek wisata yang patut Anda kunjungi adalah Kebun Binatang Ragunan, Kepulauan Seribu dan Taman Impian Jaya Anciol. Bagi wisatawan yang ingin menikmati sajian wisata bernuansa modern, Anda bisa menjelajahi kota Jakarta pada malam hari.
Beberapa lokasi tempat wisata di Jakarta yang menarik antara lain:

1. Menyaksikan Keragaman Budaya Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah.
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terletak di Jakarta Timur dan dibangun atas prakarsa almarhumah Ibu Tien Soeharto. TMII merupakan miniatur kekayaan budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Tempat wisata di Jakarta ini mewakili keragaman dan pesona kebudayaan suku-suku yang tinggal di Kepulauan Indonesia. Wisatawan yang berkunjung ke TMII bisa melihat beragam anjungan rumah adat, pakaian adat, benda-benda keramat suku tertentu, hingga pertunjukan tari seni dan budaya dari 33 propinsi di Indonesia.
Bukan hanya itu, TMII merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta dengan wilayah yang terluas. Anda tidak akan mampu menjelajahi keunikan tempat wisata di Jakarta ini hanya dalam waktu sehari. TMII memiliki sejumlah museum seni dan budaya bagi pelajar dan mahasiswa. Misalnya museum kriya dan rekayasa, museum hewan melata, museum burung, dan gedung teater Keong Mas. Pada waktu-waktu tertentu di TMII diadakan festival seni budaya nasional dengan tema tertentu. Maka tidak mengherankan bila TMII merupakan tempat wisata di Jakarta yang murah, meriah dan mendidik warga Indonesia.

2. Masjid Istiqlal Dan Sentuhan Religi Tempat Wisata Di Jakarta


Tempat wisata di Jakarta bukan hanya menawarkan kesenangan yang berhubungan dengan panca indera. Bagi umat Islam yang ingin mendapatkan sentuhan religi saat berkunjung ke kota Jakarta, Anda bisa mengunjungi Masjid Istiqlal. Tempat wisata di Jakarta ini merupakan salah satu kompleks masjid terbesar se-Asia Tenggara. Masjid Istiqlal kerap dikunjungi oleh wisatawan muslim yang ingin merasakan keteduhan beribadah di masjid yang terletak di Jakarta Pusat ini.
Saat mencapai pintu gerbang Masjid Istiqlal, Anda akan disambut dengan taman bunga Wijaya Kusuma yang indah. Ibadah di dalam masjid terasa lebih khusyu’ dan tenang karena burung-burung pipit beterbangan di sekitar shaf masjid. Selepas beribadah di dalam masjid, Masjid Istiqlal juga menjadi tempat wisata di Jakarta dengan pemandangan khas pedagang kaki lima. Mereka berjualan di trotoar dengan barang dagangan nasi pecel, nasi uduk, teh hangat, maupun cendera mata pakaian dengan logo kota Jakarta.

3. Monas: Tempat Wisata di Jakarta Pusat Hiburan Rakyat
Museum Nasional (Monas) adalah salah satu pusat hiburan rakyat di kota Jakarta. Di komplek Monas terdapat Tugu Monas yang menjadi ikon kota Jakarta. Puncak Tugu Monas berlapis emas dan terlihat bersinar terang di malam hari. Inilah tempat wisata di Jakarta yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat dari beragam status sosial. Tempat wisata di Jakarta tersebut sering dijadikan pusat perhelatan festival seni dan budaya yang dapat dinikmati masyarakat luas secara gratis.
Di kompleks Monas terdapat Museum Gajah Mada. Museum ini menyimpan beragam kekayaan budaya dan seni yang bersejarah milik bangsa Indonesia. Benda-benda purbakala yang ditemukan di Indonesia banyak yang disimpan di Monas. Maka tidak diragukan lagi bila pada masa liburan Monas ramai dikunjungi pelajar dan mahasiswa yang ingin mempelajari kekayaan budaya Indonesia dari jaman prasejarah hingga masa kini. Area wisata yang luas di Monas sering pula dimanfaatkan bagi Jakarta untuk menggelar event olahraga bertaraf nasional dan internasional.
Tempat wisata di Jakarta tidak terbatas kepada wilayah perkotaan padat penduduk. Bagi Anda yang ingin berlibur dengan suasana lebih tenang, Anda bisa memilih berlibur ke Pulau Bidadari. Pulau Bidadari adalah salah satu pulau di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Tempat wisata di Jakarta ini menawarkan keindahan pantai, terumbu karang yang alami, dan sajian restoran terapung. Pulau Bidadari terletak di Laut Jawa dengan ombak yang relatif kecil sehingga tempat wisata di Jakarta ini sangat tepat untuk dijadikan tempat liburan keluarga.
Kemajuan jaman modern terbukti tidak menjadikan kota Jakarta kehilangan daya tarik wisatawan dari dalam dan luar negeri. Setiap tahun masyarakat dunia menjelajahi kota Jakarta yang memadukan keragaman budaya dan modernisasi sebuah kota megapolitan. Pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta pun berlomba-lomba mempromosikan diri dengan mengangkat kekayaan budaya nasional Indonesia. Harapannya adalah agar tempat wisata di Jakarta tetap mempesona dan menarik kunjungan turis. Ayo jalan-jalan ke tempat wisata di Jakarta!



Previous
Next Post »