Jejak Belanda di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu

Pulau Onrust di Kepulauan Seribu cocok untuk menjadi destinasi liburan di akhir pekan panjang kali ini. Tidak jauh dari Jakarta, pulau ini memiliki banyak peninggalan bangunan-bangunan saat masa kolonial Belanda. Penasaran?

Ada banyak peninggalan dari masa kolonial Belanda, yang berupa bangunan atau pun hanya puing-puing. Di Pulau Onrust, Anda akan menemukan peninggalan Belanda yang bersejarah dan mungkin mistis. Selain mempelajari sejarah, tentu berfoto-foto di bangunan tersebut sangatlah menarik. Pulau Onrust jaraknya hanya beberapa puluh kilometer saja dari Muara Angke, Jakarta dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit. 




Pulau Ornust diambil dari kata onrust dalam bahasa Belanda atau unrest dalam bahasa Inggris, yang mempunyai arti tidak pernah istirahat. Pada masa kolonial Belanda, Pulau Onrust memegang peranan yang sangat penting. Pulau Onrust dijadikan semacam pusat galangan kapal dan bongkar muat bagi kapal-kapal yang tengah melewati Samudera Hindia untuk menjelajahi dunia atau kapal-kapal yang hendak menuju ke Sunda Kelapa.

Konon, Belanda memasuki Sunda Kelapa, nama Jakarta di zaman dulu, melalui pulau ini. Pulau Onrust pun menjadi benteng pertahanan bagi Belanda untuk mempertahankan jajahannya. Setelah Belanda pergi, Pulau Onrust pun dijadikan untuk penampungan gelandangan dan pengemis, asrama haji, hingga tempat latihan militer.

Di Pulau Onrust, Anda dapat melihat puing-puing bangunan bekas benteng tentara Belanda. Selain itu, masih ada rumah sakit dan beberapa makam orang Belanda di pulau ini. Berbicara soal makam, di pulau ini juga terdapat makam Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo, pemimpin dari gerakan DI/TII pada masa pemerintahan SOekarno.




Anda dapat menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan sambil melihat-lihat bangunan peninggalan Belanda di Pulau Onrust. Jika lapar, ada beberapa warung yang menjual makanan di pulau ini. Akan tetapi, di pulau ini tidak ada penginapan. Anda bisa menginap di Pulau Pramuka, tidak jauh dari Pulau Onrust.

Kabarnya, pulau ini juga sedikit mistis lho. Akan tetapi, keindahan bangunan dan puing-puingnya sangat unik dan menarik. Jadi, ayo berkunjung dan berfoto di Pulau Ornust. 





Previous
Next Post »