Jelajahi Keindahan Tempat Wisata di Malang

Kota Malang terletak di jantung propinsi Jawa Timur dan menjadi kota terbesar kedua di propinsi paling ujung di Pulau Jawa. Selain dikenal sebagai kota pendidikan, Malang juga menyimpan sejumlah lokasi wisata alam yang menarik. Kondisi geografis Malang didominasi oleh wilayah pegunungan sehingga tempat ini tepat untuk Anda yang suka wisata alam. Temperatur udara rata-rata di kota Malang lebih rendah dibanding kota-kota besar lain di Jawa Timur. Tak pelak,tempat wisata di Malang adalah tujuan wisata favorit setiap akhir pekan.

Secara administratif kota Malang dibagi menjadi dua, yaitu Malang dan Batu. Namun pemekaran kawasan ini tidak mengubah kebijakan Pemerintah untuk pilih kasih dalam pembangunan tempat wisata di Malang. Tempat wisata di Malang makin menarik di mata pengunjung. Yang ada malah membuat persaingan makin kompetitif karena setiap lokasi wisata berlomba-lomba mempromosikan diri untuk menarik kedatangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Beberapa tempat wisata di Malang yang patut Anda kunjungi adalah:



Waduk Selorejo Malang


1. Tempat Wisata di Malang, Waduk Selorejo

Waduk Selorejo terletak di kecamatan Ngantang, kabupaten Malang. Waduk dalam bahasa Jawa berarti bendungan atau danau. Pembuatan waduk Selorejo pada awalnya bertujuan sebagai sistem pengairan masyarakat setempat sekaligus tandon air pada musim hujan. Namun dalam perkembangannya, waduk Selorejo menjadi obyek wisata yang indah dan menarik karena tambahan sejumlah fasilitas untuk memanjakan pengunjung. Salah satu tempat wisata di Malang ini kerap menjadi tujuan wisata anak sekolah dan keluarga selama masa liburan.

Sisi barat danau Selorejo dipisahkan oleh dua tebing yang sangat curam. Untuk mencapai danau Selorejo, pengunjung harus melewati jembatan gantung setinggi kurang lebih seratus meter. Bagi yang takut ketinggian, kegiatan ini bisa menguji nyali mereka. Di dalam area tempat wisata di Malang Waduk Selorejo, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam sambil menyewa perahu motor berkeliling danau, olahraga kano, berenang di kolam air sumber alam maupun sekedar jalan-jalan mengelilingi kebun jambu yang luas. Pusat kerajinan rakyat pun telah siap memanjakan Anda yang memiliki hobi berbelanja dan koleksi benda-benda unik khas Malang.

2. Tempat Wisata di Malang, Selecta

Satu lagi tempat wisata di Malang yang layak Anda kunjungi, yaitu Selecta. Selecta terletak di kawasan Batu yang terkenal dengan udaranya yang dingin. Lokasi wisata Selecta telah dilengkapi dengan fasilitas hotel, pasar buah, pusat kerajinan rakyat, kolam renang, taman bunga dan area parkir yang luas. Jadi, Selecta adalah tempat wisata di Malang dengan konsep all in one resort area yang memudahkan acara liburan Anda. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu santai dengan latar belakang pemandangan alam Malang, Selecta adalah tempat wisata yang tepat.

Bukan hanya itu, Selecta telah dilengkapi dengan area outbound yang akan melatih keberanian dan mengenalkan anak-anak kita untuk mencintai alam. Kegiatan outbound dilakukan dengan pengawalan instruktur yang berpengalaman selama bertahun-tahun. Sehingga liburan ke tempat wisata di Malang di Selecta Batu, ini tidak hanya memberikan kesegaran fisik dan pikiran, tetapi juga memberi nilai edukatif pada anak-anak.


3. Tempat Wisata di Malang, Panderman.

Bagi Anda yang gemar berpetualang di alam liar dengan cara berkemah, Panderman merupakan salah satu lokasi bagus untuk ditaklukkan. Panderman terletak di perbatasan gunung Kawi, gunung Arjuna dan gunung Welirang. Beberapa gunung tersebut sudah tidak aktif namun tetap menunjukkan gejala-gejala post vulkanik. Tempat wisata di Malang yang terletak di Batu ini menjadi tempat berkemah favorit bagi sebagian besar pelajar di kota Malang dan sekitarnya. Dari puncak Panderman kita bisa menikmati indahnya matahari terbit di pagi hari. Pemandangan disana tidak kalah bagus dibanding Gunung Bromo yang telah melegenda.

Untuk mencapai lokasi bumi perkemahan Panderman, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Layaknya para penjelajah alam, persediaan makanan, minuman dan perlengkapan berkemah harus sudah tersedia. Untuk kebutuhan air minum, sebaiknya Anda membawa cadangan air minum yang banyak sejak berangkat dari kaki gunung karena di puncak gunung sulit di dapatkan sumber air minum. Meski demikian, Panderman sebagai salah satu tujuan tempat wisata di Malang merupakan tempat berkemah yang aman dan menyenangkan karena di setiap pos jaga selalu terdapat petugas yang siap memberi informasi keperluan pendaki gunung.

Selain beberapa lokasi tersebut, masih ada beberapa tempat wisata di Malang yang tidak kalah menarik. Misalnya Songgoriti, Alun-alun Bunder Malang, Taman Agrowisata Malang, Kebun Binatang Malang dan lain-lain. Kondisi geografis Malang yang berada pada wilayah pegunungan menjadikan tempat wisata di Malang ini tidak akan membosankan untuk selalu dijelajahi. Keberadaan puluhan universitas terkenal di Malang dan lokasi wisata alam yang indah adalah perpaduan yang sempurna bagi kota ini.

Bagi Anda yang suka wisata kuliner, tempat wisata di Malang punya beragam makanan dengan nama dan rasa yang unik. Selain apel Malang, kita mengenal nama Bakso Malang versi original, kopi murni buatan rakyat dan beragam makanan tradisional rakyat Jawa yang telah dimodifikasi dengan unsur modern. Aneka jajanan rakyat bisa Anda temui di Alun-alun Malang. Tidak akan cukup sehari untuk menjelajahi ragam tempat wisata di Malang. Atau bahkan mungk
in Anda akan jatuh cinta dengan alam pegunungan Malang untuk selamanya. Selamat jalan-jalan!

Previous
Next Post »