Surabaya,Kota Pahlawan yang Penuh Sejarah


Surabaya merupakan ibukota propinsi Jawa Timur dan menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia selain Jakarta, Bandung dan Medan. Surabaya juga dikenal sebagai kota pahlawan atas aksi heroik penduduk Surabaya dalam melawan penjajahan Belanda, Jepang dan Sekutu. Maka tak mengherankan jika tempat wisata di Surabaya didominasi oleh wisata sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Mulai dari penjajahan kolonialisme Belanda, pendudukan Jepang hingga kedatangan pasukan Sekutu setelah Indonesia merdeka.
Nilai-nilai sejarah yang bisa kita temui dari tempat wisata di Surabaya bukan saja tentang sejarah perjuangan bangsa melawan Penjajah. Kita bisa menemukan sejarah penyebaran agama Islam di tanah Jawa, khususnya wilayah Surabaya. Kita mengenal istilah Wali Songo, yaitu sembilan ulama penyebar agama Islam di tanah Jawa. Salah satu anggota wali Songo yang berada di Surabaya adalah Sunan Ampel.

Terdapat beberapa tempat wisata di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi karena sarat nilai sejarah untuk pendidikan anak-anak. Diantaranya adalah sebagai berikut: 
1. Hotel Yamato, Tempat Wisata di Surabaya Lokasi Penyobekan Bendera Belanda
Hotel Yamato adalah lokasi bersejarah di kota Surabaya yang dikenal karena keberanian warga Surabaya naik ke puncak hotel dan menyobek bendera Belanda. Warna bendera negara Belanda adalah merah-putih-biru. Setelah disobek warga Surabaya, tertinggal hanya warna merah putih. Tempat wisata di Surabaya ini sekarang telah menjadi hotel Majapahit dan masih aktif beroperasi. Keaslian arsitektur bangunan tetap dipertahankan untuk menjaga nilai sejarahnya. Maka tidak mengherankan jika Hotel Majapahit menjadi tujuan wisata menarik wisatawan dalam dan luar negeri.
2. Tugu Pahlawan, Tempat Wisata di Surabaya Lambang Heroisme
Jika Jakarta memiliki Tugu Monas, maka Surabaya mempunyai Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan adalah monumen yang dibuat oleh Pemerintah Republik Indonesia atas keberanian arek-arek Suroboyo menentang penjajahan. Tugu Pahlawan menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi. Bukan saja karena latar belakang sejarahnya, tetapi juga wisata kuliner yang berada di sekitar lokasi monumen. Area Tugu Pahlawan saat ini sering dimanfaatkan sebagai tempat pergelaran musik nasional di Indonesia. Sehingga tempat wisata di Surabaya ini mampu memadukan sejarah masa lalu dengan modernisasi masa kini.
3. Rumah Sakit dr. Soetomo, Tempat Wisata di Surabaya dan Pusat Kedokteran
Rumah Sakit dr. Soetomo dikenal juga sebagai Rumah Sakit Karang Menjangan karena terletak di Jalan Karang Menjangan. Rumah sakit ini memiliki peranan penting dalam sejarah kedokteran di Indonesia. Sejak era kolonialisme Belanda, RS dr. Soetomo menjadi pusat penelitian mahasiswa kedokteran di Indonesia dengan bantuan dokter Belanda. Hal ini tampak dari arsitektur bangunan yang bergaya Belanda dan menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya dengan latar belakang akademis. Fungsi rumah sakit tersebut menjadi begitu vital karena menjadi rujukan terakhir warga Jawa Timur yang sedang berobat penyakit kronis.
4. Museum Empu Tantular, Tempat Wisata di Surabaya dan Sejarah Kejayaan Masa Lalu
Museum Empu Tantular terletak di persilangan Jalan Diponegoro dan Jalan Raya Darmo. Lokasi museum ini berdekatan dengan Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang menjadi ikon kota Surabaya. Museum Empu Tantular menyimpan benda-benda peninggalan masa lalu, mulai dari kerajaan Majapahit hingga perjuangan nasional melawan penjajahan. Tempat wisata di Surabaya ini harga tiket masuknya termasuk murah, hanya Rp 3000 per orang. Oleh karena itu, ajaklah putra-putri Anda mengunjungi tempat wisata di Surabaya ini untuk memperkenalkan mereka kepada nilai-nilai sejarah masa lalu. Rekreasi edukatif adalah nilai lebih Museum Empu Tantular yang patut Anda pertimbangkan.
Itulah beberapa tempat wisata di Surabaya yang memiliki nilai sejarah yang layak Anda kunjungi. Selain wisata sejarah, Surabaya juga memiliki Pantai Ria Kenjeran, Jembatan Suramadu, Kebun Binatang Surabaya, Makam Sunan Ampel dan lain-lain. Keramahan warga Surabaya juga menjadi ciri khas yang tidak bisa Anda lupakan. Akan sangat sayang jika waktu liburan Anda tidak disempatkan mengunjungi tempat wisata di Surabaya.
Untuk menuju kota Surabaya, Anda memiliki sejumlah pilihan cara bepergian apakah melalui jalur darat, jalur udara maupun jalur laut. Untuk jalur darat, Anda bisa memilih naik bus menuju terminal Bungurasih maupun via kereta api menuju stasiun Gubeng. Bepergian naik kapal laut juga menyenangkan karena Anda akan menyaksikan bangunan bersejarah pelabuhan Tanjung Perak dari dekat. Sementara untuk Anda yang ingin bepergian dengan pesawat terbang, Anda bisa mengambil rute penerbangan menuju bandara Juanda. Selamat menjelajahi tempat wisata di Surabaya!

Previous
Next Post »