Banyumas Extravaganza 2013


Dalam rangka untuk memeriahkan Hari Jadi Banyumas ke-431, pemerintah daerah Banyumas yang berpusat di kota Purwokerto mengadakan event tahunan berupa karnaval yang dihadiri ribuan penonton dari berbagai daerah. Event ini diadakan pada tanggal 5, 6, dan 7 April 2013, yang puncaknya pada tanggal 7 April 2013 kemarin.

Para penampil berhasil menyedot perhatian pengunjung yang berjubel disepanjang Jalan S. Parman hingga Alun-alun kota Purwokerto.

Pergelaran ini diawali dengan Karnaval Sepeda Ontel yang diikuti sekitar 500 sepeda kuno dan disusul dengan Karnaval Batik Banyumasan. Busana unik beragam corak diperagakan oleh ratusan remaja putri dari berbagai sekolah di Kabupaten Banyumas. Selain itu, ditampilkan pula busana bercorak batik Banyumasan kreasi desainer asal Banyumas, Anto Djamil.

Selanjutnya perwakilan dari 27 kecamatan menampilkan atraksi kesenian tradisional seperti Begalan, sendratari Kamandaka, Cantingan, Buncis, Genthoakan dan sebagainya.


Rombongan Bawor dari pegawai SKPD, batik banyumas yang dipakai oleh para putri domas serta sangat unik dan bernilai tinggi. Sementara itu, Bupati Mardjoko mengungkapkan, even yang digelara dalam rangka HUT Banyumas ke-431 sekaligus peluncuran program Purwokerto City of Holiday ini merupakan hal yang positif.


Galeri foto:
Klik untuk memperbesar gambar




















(beberapa file bersumber dari tempo.co dan suaramerdeka.com)



Previous
Next Post »