Menikmati Wisata Gua Kristal dan Wisata Kuliner Kupang


Kupang adalah ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kota Kupang menyimpan pesona tempat wisata di Indonesia Timur. Selain Kupang, tujuan wisata di NTT lainnya adalah Pulau Komodo, Pulau Rinca, Gunung Kelimutu di Ende, Kampung Adat Bena di Ngada, dan lain-lain. Popularitas obyek wisata di Kupang tidak kalah menarik dibanding tempat wisata di Pulau Lombok.

Pariwisata menjadi salah satu sumber pendapatan daerah yang diandalkan oleh Pemerintah NTT. Hal ini sangat beralasan mengingat kondisi geografis NTT yang relatif tandus tidak memungkinkan dipakai dalam pengembangan sektor pangan. Warga NTT terkenal sangat ramah terhadap kunjungan wisatawan. Walau secara sekilas mereka terlihat ‘garang’ namun sebenarnya tidak demikian.

Untuk mencapai tempat wisata di Kupang, wisatawan mula-mula melalui jalur penerbangan menuju Bandara El Tari di Kupang. Sebelum mencapai El Tari, biasanya penerbangan dari Jakarta transit terlebih dulu di Denpasar, Bali. Ketika transit di Denpasar, wisatawan berkesempatan jalan-jalan sebentar menikmati suasana Bandara Ngurah Rai Denpasar dan sekitarnya.
Wisata Kuliner Seafood di Kampung Solor

Sesampai di Kupang, wisatawan umumnya akan memilih istirahat di hotel lebih dulu. Maklum, perjalanan panjang dari Jakarta akan melelahkan. Ditambah lagi faktor jetlag akan membutuhkan waktu beberapa jam untuk mengembalikan tubuh ke kondisi normal. Barulah pada sore hari wisatawan akan mulai menjelajahi suasana Kota Kupang.

Pilihan menarik jalan-jalan ke kota adalah menyewa sepeda motor penduduk setempat. Mengenai tarif sewa, tergantung kemampuan negosiasi Anda. Secara umum, taris sewa motor di Kupang adalah Rp 50.000 per hari. Sebagian penyewa mungkin akan meminta uang jaminan sebelum menyerahkan kunci motor dan surat kelengkapan STNK.

Kemana tujuan pertama jalan-jalan ke tempat wisata di Kupang? Cobalah berkunjung ke Pasar Malam Kampung Solor. Kampung Solor terkenal sebagai tempat asyik menikmati wisata kuliner makanan laut yang dimasak dengan cara dibakar. Bagi Anda penggemar seafood, inilah surga wisata kuliner yang terlalu sayang untuk dilewatkan.

Saat kembali menuju hotel harap berhati-hati karena banyak jalan raya di Kota Kupang yang berlaku jalur satu arah. Oleh karena itu, siapkan peta kota dan GPS yang andal sehingga Anda tidak kesulitan menemukan jalan pulang. Persiapan tersebut bisa Anda mulai sejak keberangkatan dari rumah
.


Menikmati Wisata Kuliner dan Tempat Wisata Gua Kristal di Kupang
Menikmati Se’i Babi dan Sambal Luat di Ba’un

Tempat wisata di Kupang selanjutnya yang menarik dijelajahi adalah Ba’un. Ba’un merupakan obyek wisata yang terkenal karena makanan se’i babi. Tujuan wisata kali ini mungkin not recommended bagi warga muslim. Tapi bagi wisatawan non-muslim pasti tertarik mencoba mencicipi se’i babi yang terkenal itu.

Perjalanan wisata dari Kupang menuju Ba’un melewati dataran tinggi dengan kondisi geografis bukit terjal. Wisatawan harus ekstra waspada karena banyak ruas jalan yang letaknya mendekati bibir jurang. Sejumlah ruas jalan dipindahkan ke area yang lebih tinggi untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Menu andalan wisata kuliner Kupang se’i babi biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal luat. Sambal luat adalah sambal khas Kupang yang memiliki tingkat kepedasan tinggi. Bagi wisatawan yang tidak terbiasa mengkonsumsi makanan pedas, lebih baik lewatkan menu sambal yang satu ini.

Menikmati sajian wisata kuliner Kupang dengan ditemani keramahan penduduk setempat adalah nikmat yang tak terkira. Di kehidupan modern ini kita sangat jarang bisa menikmati makan dengan kondisi tenang karena terburu waktu. Berlibur ke tempat wisata di Kupang akan membantu Anda meredakan ketegangan hidup sehari-hari.
Pesona Alam Gua Kristal dan Air Terjun Oenesu

Obyek wisata di Kupang berikutnya yang terbilang indah adalah Gua Kristal dan air terjun Oenesu di Kupang Barat. Kedua tempat wisata alam di Kupang ini masih belum begitu populer di kalangan wisatawan. Bagi Anda yang menyukai petualangan wisata ke daerah-daerah yang minim tersentuh modernisasi, gua Kristal adalah tempat liburan di Kupang yang sesuai untuk Anda.

Gua Kristal terdiri dari dua lokasi gua. Lokasi yang lebih dalam menawarkan keindahan yang lebih menarik. Kedua tujuan wisata berdekatan dengan keberadaan air terjun Oenesu. Obyek wisata ini bisa ditempuh selama dua jam perjalanan motor dari Kota Kupang ke arah barat. Dalam kehidupan sehari-hari, gua Kristal dipakai oleh penduduk setempat sebagai tempat mandi dan mencuci.

Bersiaplah berpetualang yang sesungguhnya di bawah guyuran air terjun Oenesu. Air terjun ini masih alami dengan susunan batuan alam yang licin dan tajam. Sementara itu, Gua Kristal merupakan gua dengan aliran air payau, percampuran air tawar dan air laut. Gambar tempat wisata keduanya sungguh memukau setiap wisatawan.

Keragaman budaya dan keindahan alam kawasan Indonesia Timur sungguh anugerah Tuhan yang tak ternilai harganya. Sudah sepatutnya kita mensyukuri karunia-Nya dengan jalan memanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat dan menjaganya supaya tetap lestari. Mari berlibur ke tempat wisata di Kupang!
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Thursday, August 16, 2012 at 12:09:00 AM GMT+7 ×

Kayaknya enak nih, kapan2 berwisata kuliner di kupan :D

Reply
avatar
KSM TOUR
admin
Sunday, July 17, 2016 at 11:19:00 AM GMT+7 ×

artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com ya. Terima kasih

Reply
avatar
Saturday, July 30, 2016 at 10:59:00 PM GMT+7 ×

Mau tanya
Untuk sewa motor di kupang selain langsung ke penduduk, apa ada persewaan motor disana?

Reply
avatar