Event: Festival Layang-Layang Pangandaran 2012




Siapkan waktu Anda pada bulan Agustus mendatang untuk berkunjung ke Pangandaran. Selain menikmati panorama indah lanskap alamnya, Anda juga akan disuguhi pagelaran Pangandaran International Kite Festival 2012. Festival ini akan berlansgung selama sebulan penuh. Di sini telah menunggu langit biru yang indah bersama ratusan layang-layang hias modern dan tradisional mengudara di cakrawala.
Festival Layang-Layang Pangandaran 2012 akan bertempat di Lapangan Ketapang Doyong Pantai Timur Pangandaran. Festival ini akan diisi beragam acara meliputi pameran, eksibisi, dan pertunjukan kesenian tradisional Jawa Barat.
Peserta yang hadir dari luar negeri adalah orang yang benar-benar hobi layang-layang, bukan sekadar turis yang kebetulan datang berwisata ke Pangandaran. Kategori lomba adalah kompetisi Kategori 2D, 3D, Rokaku, Train, Sport, Tradisional, Tanpa Rangka (Balon), dan kategori lainnya termasuk adu layang-layang. Tujuan festival layang-layang ini adalah untuk mempromosikan wisata pantai Pangandaran sebagai destinasi wisata unggulan Jawa Barat.
Di sini Anda dapat melihat layang-layang koleksi Kite Art Indonesia yang pernah menjadi juara dunia festival layang-layang di sejumlah negara. Layang-layang  tersebut adalah layang-layang Barong yang menyabet gelar juara Mei 2011 lalu untuk katagori full colour dan 'Ulat Bulu' untuk katagori unique.
Pangandaran International Kite Festival 2012 juga akan menghadirkan layang-layang milik Mr dan Mrs Ohashi dari Jepang dan Mr Peter Lynn dari Selandia Baru. Mr dan Mrs Ohashi dengan layangannya pernah menjadi juara dunia sekaligus masuk guiness book record sebagai rekor layangan terpanjang di dunia. Sementara layangan milik Mr. Peter Lynn juga serupa pernah menjadi juara dunia dan tercatat di Guiness Book Record dengan layangan yang lebarnya sama dengan lapangan bola.
Pangandaran sendiri telah dijadikan ikon nasional sebagai daerah strategi pengembangan wisata dengan harapan semakin merangsang kunjungan wisatawan, terutama mancanegara. Pangandaran merupakan primadona destinasi wisata pantai di Jawa Barat. Lokasinya terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran, berjarak sekitar 92 km arah selatan kota Ciamis.
Di Pangandaran Anda dapat menyaksikan terbit dan tenggelamnya matahari. Pantainya memiliki air yang jernih dengan jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan Anda berenang dengan aman didukung tim penyelamat wisata pantai. Ada juga hamparan pantai pasir putih dengan taman laut dengan fauna yang memesona.
Sekadar berjalan-jalan pun sudah cukup menyenangkan karena jalannya beraspal dan penerangannya memadai di malam hari. Tempat wisata Pangandara memiliki beragam fasilitas penunjang meliputi hotel melati hingga bintang 5 dengan harga bervariasi, restoran, penginapan. Tersedia pula bumi perkemahan, sepeda dan ban renang sewaan, parasailing dan jetski, diskotik, pramuwisata, serta Pusat Informasi Pariwisata. Anda yang dari Bandung dan Jakarta telah tersedia transportasi udara dengan Susi Air di Bandara Nusawiru Cijulang.

Informasi lebih lanjut:
Dinas Pariwisata Jawa Barat
Jl . RE Martadinata No. 209 Bandung
Jawa Barat
atau di:
Previous
Next Post »