Masjid Kebanggaan Masyarakat Aceh




Selain Pulau Weh yang cantik, Aceh juga dikenal dengan budaya dan kehidupan agamis yang kuat. Saat berkunjung ke sana, sempatkanlah menengok Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini memiliki sejarah dan dibanggakan.

Masjid Raya Baiturrahman telah dikenal sebagai landmark dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Letaknya di pusat kota Banda Aceh, mudah untuk dikunjungi. Ada sejarah, kebudayaan dan rasa dari masyarakat Aceh yang kental di masjid ini.

Ukuran masjid ini cukup besar, mempunyai menara yang tinggi dan juga balutan cat putih. Luasnya mencapai empat hektar dengan tujuh kubah, empat menara, dan satu menara induk, menjadikan masjid ini sebagai salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Ruangan dalamnya mencapai 4.760 m2 dan mampu menampung hingga 9.000 jemaah. Uniknya, lantai marmer di dalam masjidnya adalah buatan Italia.

Masjid ini tampak begitu megah dan menjulang tinggi. Halaman depannya terdapat sebuah kolam besar dan rerumputan yang tertata rapi. Selain itu, ada pohon kurma di halaman masjidnya.

Pastikan Anda untuk mengenakan pakaian yang sopan, seperti celana panjang untuk lelaki dan jilbab bagi para wanita. Biasanya para wisatawan berfoto di halaman masjidnya atau naik ke menara masidnya untuk melihat Kota Banda Aceh dari ketinggian 60 meter.

Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi saksi dari sejarah Aceh. Dahulu, masjid ini dijadikan tempat pertahanan rakyat Aceh saat melawan Belanda, yaitu tahun 1873-1904. Masjid ini juga dibakar dan dibangun kembali saat masa penjajahan. 

Yang paling dikenang, saat tragedi tsunami di tahun 2004 silam. Masjid ini menjadi saksi bisu atas tragedi yang menewaskan ratusan ribu orang tersebut. Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi tempat berlindung bagi orang-orang yang menyelamatkan diri, bahkan sampai saat ini, setiap terjadi gempa.

Tidak hanya untuk ibadah saja, masjid ini juga menjadi pusat bagi beragam aktivitas dan keorganisasian para pemuda. Di sinilah para pemuda dan tokoh-tokoh agama saling berdiskusi dan bertukar pikiran. Rasa kekeluargaan yang begitu kental akan Anda rasakan saat berbaur di dalamnya.

Jika traveling ke Banda Aceh, jangan lupa untuk mampir ke Masjid Raya Baiturrahman. Apalagi saat bulan puasa tiba, suasananya tidak akan pernah terlupa.
Previous
Next Post »