Sangalaki, Feels Like a Vacation to Your Own Island



Salah satu pulau di Kepulauan Derawan menawarkan alam bahari yang memukau. Pantai tenang, perairan jernih dan pulau nan sepi. Benar-benar serasa di pulau milik sendiri!

800 Km dari Kota Samarinda, Kalimantan Timur, terdapat sebuah pulau cantik di dalam kawasan Kepulauan Derawan. Pulau Sangalaki bisa dicapai dengan 2 jam perjalanan kapal cepatg dari pelabuhan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. 

Pasirnya yang landai membuat perahu yang ke sini harus berhenti di 200 meter sebelum pulau. Anda harus rela basah-basahan untuk menuju pulau ini. Air sepinggang akan membuat Anda memanggul tas bawaan di atas kepala. Jangan sampai kehilangan keseimbangan jika tidak ingin tas Anda tercemplung ke air!

Pulau dengan luas sekitar 13 hektar ini memiliki laguna dangkal dengan dasar pasir. Di laguna ini banyak terdapat terumbu karang yang dilengkapi dengan rumput laut. Anda bisa menghabiskan waktu dengan snorkeling di sini.
 Perairan di sekitar pulau ini terkenal dengan taman lautnya yang memesona. Ikan-ikan cantik akan hilir mudik menemani penyelaman Anda. Sedangkan ikan yang paling khas di sini adalah ikan manta atau pari raksasa. Besar ikan raksasa ini bisa mencapai 8 meter, sedangkan beratnya bisa mencapai 3 ton.

Diving di sini tidak akan membuat Anda menyesal, malah akan membuat lupa diri. Ada 11 titik favorit penyelaman yang tersebar di sekeliling pulau. Masing-masing titik memiliki keunikan dan pesona tersendiri.

Tenangnya pantai dan sepinya pengunjung juga akan membuai Anda, serasa sedang berada di pulau pribadi. Anda bisa santai di tepi pantai sambil menikmati alam khas pantai tanpa gangguan suara kendaraan atau hiruk pikuk orang yang lalu-lalang. Di sini juga terdapat resor dan penginapan yang bisa jadi tempat menginap.
Previous
Next Post »