Ada Mumi di Wolondopo!


Wolondopo adalah sebuah kampung tradisional yang terletak di Desa Nuaone, Kecamatan Detusoko, Ende, Nusa Tenggara Timur. Selain ragam ritual sakral saat pesta panen, kampung tradisional ini juga dikenal karena keberadaan Mumi dari sang kepala suku bernama Kaki More.
Selama hidupnya, Kaki More tidak pernah mengkonsumsi air putih. Kaki More lebih sering mengonsumsi tuak, yang dalam bahasa Suku Lio disebut moke dengan jenis jengi jila (bakar nyala). Apabila Anda ingin melihat langsung Mumi Kaki More, maka perlu disiapkan sebuah ritual khusus yang dilakukan oleh seorang Kepala Suku di Kampung tersebut.
Sangat mudah bagi kita untuk mencapai Kampung Wolondopo. Kampung yang masih tradisional ini hanya berjarak sekitar 35 km dari Kota Ende atau terletak sekitar 2 km dari tepi Jalan Trans Flores. 
Daya tarik lainnya juga dimiliki oleh Kampung Wolondopo, di puncak bukitnya, terdapat sebuah Kanga atau tempat ritual gawi (tarian tradisional Suku Lio). Di sana juga dikelilingi oleh beberapa rumah adat yang dalam bahasa Lio disebut Sa'o Ria.



(Rumah Kaki More)





(Sa'o Ria, rumah adat di Wolondopo) 




(Ibu Angelina Jawu, salah satu penjaga rumah adat)












(sumber)

Previous
Next Post »